KUPANG, NTT PEMBARUAN.id–Badan Pengurus Kelompok Umat Basis Bunda Penolong Abadi (BP KUB BPA) Stasi St. Kristoforus Matani, Paroki St.Yoseph Pekerja Penfui Kupang Periode 2022 –2025 sudah terpilih.

Pemilihan itu berlangsung di Rumah Bapak Semuel Lasi yang juga umat KUB BPA Matani, Kamis (26/5/2022) malam.

Proses pemilihannya diawali dengan pembentukan tim formatur 5 orang dengan komposisi, Kanisius Seda (ketua), Ferdinandus Dole Hayong (wakil ketua), Petronela Nino (sekretaris) dengan anggota 2 orang masing–masing Eduardus Amkeun dan Severinus Naben.

Selanjutnya, tim formatur menetapkan 4 nama bakal calon ( Balon) Ketua KUB BPA Periode 2022 –2025 masing–masing, Vebiana J.Rinmalae, Sofia Hane, Dominggas Bana dan Petrus Nitsae.

Setelah ditanyakan tim formatur soal kesiapan 4 Balon untuk dicalonkan menjadi Ketua KUB BPA Periode 2022 –2025 hanya satu orang yang menyatakan siap yaitu, Vebiana J.Rinmalae.

Sedangkan 3 orang masing–masing, Sofia Hane, Petrus Nitsae dan Dominggas Bana mengundurkan diri.

Karena itu, umat mengusulkan untuk  dilakukan pemilihan secara aklamasi dengan menetapkan Vebiana J. Rinmalae sebagai ketua dan Sofi Hane sebagai wakil ketua.

Baca juga:  Gubernur Puji Peran Koperasi dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat

Untuk posisi sekretaris dan bendahara, tim formatur menetapkan 2 nama, yakni Rosalia Amida Kase dengan nomor urut 1 dan Albertus Lake nomor urut 2 dengan sistem pemilihan langsung.

Dari 50 pemilih yang hadir, Amida R. Kase terpilih menjadi sekretaris dengan perolehan 35 suara dan

Albertus Lake terpilih menjadi bendahara dengan perolehan 15 suara.

Dengan demikian, secara lengkap susunan kepengurusan inti KUB BPA Matani Periode 2022–2025 meliputi, Vebiana J. Rinmalae (ketua), Sofia Hane (wakil ketua), Amida R. Kase (sekretaris) dan Albertus Lake (bendahara).

Kepengurusan inti itu dilengkapi dengan seksi–seksi meliputi, Koordinator Seksi Liturgi Umum, Bernadeta Anut, Koordinator Seksi Musik Liturgi, Chlaudia Lake, Koordinator Seksi Bina Iman dan Pewartaan, Venantius Nino, Koordinator Seksi Kemanusiaan dan Kesejahteraan Keluarga, Detronela O. Mone, Koordinator Seksi Kesehatan dan Lingkungan Hidup, Dus Seran dan Koordinator Seksi OMK dan Anak–anak Misioner, Ferdinandus Dole Hayong.

Baca juga:  DPD PAN Mabar Bersama Anggota DPR RI Berbagi Kasih Bulan Puasa di Labuan Bajo

Ketua KUB BPA Periode 2019–2022, Kanisius Seda menyampaikan proficiat kepada BP KUB BPA Terpilih 2022–2025.

Kata Kanis, BP KUB BPA Periode 2022–2025 yang terpilih ini akan dikirim ke Pastor Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kupang melalui Stasi St. Kristoforus Matani untuk ditetapkan dalam bentuk SK dan dilantik oleh Pastor Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kupang dalam waktu dekat ini.

Berdasarkan SK dari Pastor Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kupang, lanjut dia, masa bhakti untuk BP KUB BPA Periode 2019 –2022 akan berakhir, 1 Juni 2022.

“Terima kasih atas kerjasama semua umat, sehingga hari ini, Kamis (26/5/2022) kita sudah melaksanakan pemilihan BP KUB BPA Periode 2022–2025. Semoga kepercayaan yang ada akan dijalankan dengan penuh tanggungjawab dengan mengedepankan misi Kristus yaitu melayani dengan kasih,” imbuhnya.

Kepada ketua terpilih, Kanis minta, perlu dibuatkan penjabaran tugas masing–masing seperti tugas ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan seksi–seksi.

Baca juga:  Khazanah Budaya Indonesia Membahana dalam Peringatan Hardiknas

Tujuannya, supaya semua pengurus paham akan tugas dan tanggungjawabnya masing–masing.

Pada tempat yang sama, Ketua Terpilih KUB BPA Periode 2022–2025, Vebiana J. Rinmalae menyampaikan terima kasih atas kepercayaan umat kepada dirinya untuk menahkodai KUB itu 3 tahun ke depan.

“Mari kita kerjasama yang baik untuk kemajuan KUB kita ke depan. Mari kita bekerja melayani Tuhan dan sesama dengan hati. Saya sepakat dengan Bapak Kanis, bahwa ini proses kaderisasi untuk bisa menjadi pemimpin,” tutur Vebi.

Ia juga berjanji, untuk melanjutkan program kerja yang sudah dijalankan oleh pengurus sebelumnya.

“Marilah, kita saling mendukung antar satu sama lain karena dalam iman, kita adalah bersaudara,” pungkasnya. (red)