OELAMASI, NTT PEMBARUAN.id –Turnamen Sepak Bola Bupati Cup 1 Kabupaten Kupang Tahun 2022 sudah dibuka oleh Sekda Kabupaten Kupang, Obet Laha, Jumat (20/5/2022).

Pembukaan itu ditandai dengan upacara dengan pembina upacara Sekda Kabupaten Kupang, Obet Laha di Lapangan Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Jumat (20/5/2022).

Turnamen Sepak Bola Bupati Cup 1 Tahun 2022 yang diikuti 36 club itu dalam rangka memperebutkan piala Bupati Cup Tahun 2022.

Hadir dalam pembukaan tersebut,

Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) NTT,  Ketua Asosiasi Kabupaten Kupang (Askab), Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kupang, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Kupang, Kapolres Kupang yang diwakili Kapolsek Kupang Timur, peserta turnamen serta undangan lainnya.

Pada upacara tersebut, janji atlet disampaikan oleh Gerald Munirasi berasal dari SMAN I Amarasi Barat.

Atas nama seluruh atlet berjanji akan mengikuti Turnamen Sepak Bola Bupati Cup 1 Tahun 2022 dalam suasana persahabatan dengan jiwa yang murni, jujur dengan mengindahkan segala peraturan yang ditetapkan, dengan penuh hasrat dan bertanding dengan semangat kesatria yang sejati serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dalam pertandingan.

Baca juga:  Sekda Obet Lakukan Panen Padi Perdana di Desa Manusak

Sementara janji wasit yang diwakili Frits Nenosaban, S.Pd, yang juga Guru SMAN 2 Amarasi menyampaikan atas nama seluruh wasit berjanji akan melaksanakan tugas dalam Turnamen Sepak Bola Bupati Cup 1 Tahun 2022 seadil-adilnya dan tidak memihak kepada siapapun dan akan menaati peraturan permainan yang berlaku dilandasi oleh jiwa kesatria dan semangat keolahragaan yang murni, juga menjunjung tinggi nilai sportivitas dan fair play.

Turnamen yang mengusung tema “Dengan Sepak Bola, Kita Tingkatkan Sportivitas Pemuda dalam Mendukung Program 5 P di Kabupaten Kupang”. Hilarius Laran, Ketua Panitia Turnamen Sepak Bola Cup 1 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Kupang menyebutkan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah sebagai wadah pengembangan diri generasi muda di Kabupaten Kupang, menjalin persaudaraan serta meningkatkan persatuan antar pemuda dan club di Kabupaten Kupang, mengembangkan kualitas sepak bola, memberikan hiburan, meningkatkan prestasi club–club sepak bola di tingkat kecamatan dan sebagai sarana pencairan bibit-bibit muda persepak bola Kabupaten Kupang.

Sementara Ketua Askab PSSI Kabupaten Kupang, Johanis Mase dalam sambutannya mengatakan tujuan utama penyelenggaraan turnamen ini adalah membangun persahabatan diantara pemuda yang ada di Kabupaten Kupang, dan sebagai ajang memacu, meningkatkan dan mengembangkan olahraga sepak bola, serta memilih pemain yang berkualitas untuk dapat bertanding di El Tari Cup nantinya. Kepada club-club sepak bola, ia berpesan tampilkan yang terbaik dengan tunjukkan sportivitas.

Baca juga:  Gua Maria Bintang Kejora, Salah Satu Objek Wisata Religius yang Menawarkan Keindahan Alam

Senada dengan itu, Chris Mboeik, Ketua Asprov PSSI NTT mengatakan, penyelenggaraan turnamen ini bukan sekadar senang-senang atau hobi, melainkan dapat melahirkan pemain-pemain hebat di bidang sepak bola NTT. Provinsi NTT menurutnya, sedang giat-giatnya mendorong semua kabupaten untuk menggelar turnamen sepak bola yang sempat tertunda dua tahun lamanya akibat pandemi Covid- 19.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Obet Laha yang mewakili Bupati Kupang saat itu mengatakan, kebangkitan sepak bola Kabupaten Kupang akan ditandai dengan munculnya talenta muda berkalung prestasi yang akan berkiprah mewakili Kabupaten Kupang pada turnamen tingkat provinsi dan juga tingkat Nasional.

Dengan komitmen realistis dan prestisius, semua peserta baik atlet maupun official, juga para panitia akan mengartikan turnamen ini sebagai media kompetisi.

Baca juga:  Bupati Kupang Pimpin Rapat Pilkades Serentak Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Kupang

Sebuah media yang di dalamnya terpampang jelas berbagai peraturan sepak bola yang terstandarisasi sesuai aturan dari PSSI. Kompetisi yang tujuan akhirnya bukan piala atau hadiah, tetapi mampu mengedepankan nilai sportifitas dan profesionalisme.

Nilai yang secara umum menjadi tujuan dilakukannya berbagai kompetisi olahraga, tandasnya.

Saat itu juga, Kapolres Kupang melalui Kapolsek Kupang Timur, Iptu Victor Saputra mengimbau, agar tetap tegakkan protokol kesehatan dan dilarang mengonsumsi minuman beralkohol selama kegiatan turnamen sepak bola berlangsung.

Usai Sekda Obet Laha membuka turnamen ini secara resmi, dilanjutkan dengan pertandingan eksebisi antara tim sepak bola dari pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kupang VS Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kupang.(Prokopim Kab.Kpg/red)