Tiga Hari Kedepan, NTT Masih Berpotensi Hujan Sedang Hingga Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

KUPANG, NTT PEMBARUAN.id–Berdasar perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) El Tari Kupang untuk 3 hari kedepan, terhitung sejak 16 –18 Januari 2023, Wilayah NTT masih berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Demikian rilis terbaru yang diterima media ini dari Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, S.Si, Senin (16/1/2023).

Tanggal 16 Januari 2023 wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang meliputi Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Alor, Belu, Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Tanggal 17–18 Januari 2023 wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang┬ámasih meliputi daerah yang sama, hanya tambah Rote, dan Lembata saja.

Wilayah NTT pada umumnya, kata Agung, masih diperiode musim hujan.

Karena itu, ia mengimbau, untuk selalu waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, rusaknya atap bangunan dan fasilitas umum lainnya.

Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing, kata Agung, patut diwaspadai akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan durasi yang panjang. (red/*)

Bagikan