Tamu Undangan Pentahbisan Mgr.Hironimus Pakaenoni Mulai Tiba di Kupang

KUPANG, NTT PEMBARUAN.id- Tamu undangan pentahbisan Uskup Agung Kupang Terpilih, Mgr.Hironimus Pakaenoni mulai tiba di Kupang, Senin (6/5/2024) dan puncaknya, Rabu (8/5/2024) baik melalui jalan darat maupun udara.

Informasi tersebut disampaikan secara resmi oleh Dra.Sisilia Sona, Ketua Panitia Petahbisan Uskup Agung Kupang Terpilih, Mgr.Hironimus Pakaenoni kepada wartawan di Kantor Yayasan Swastisari Kupang, Senin (6/5/2024).

Sisilia Sona yang didampingi Sekertaris Panitia, RD Erminus Fkun,S.Fil dan Koordinator Acara, RD Fransiskus X. Paut, S.Fil saat itu memastikan acara puncak pentahbisan, Kamis (9/5/2024) akan dihadiri oleh Nunsiatur Apostolik (Duta Besar Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia dan ASEAN) sekaligus mewakili Paus Fransiskus melantik Uskup Agung Kupang Terpilih, Mgr.Hironimus Pakaenoni.

Hadir juga nanti, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr.Antonius Subianto Bunjamin, para Uskup se-Indonesia dan 2 Uskup dari negara tetangga Timor Leste, yaitu Uskup Baucau dan Uskup Maliana.

Misa pentahbisan Uskup Agung Terpilih, Mgr.Hironimus Pakaenoni juga akan dihadiri Penjabat Gubernur NTT, Unsur Forkopimda Lingkup Pemprov NTT, Penjabat Wali Kota Kupang, Unsur Forkopimda Kota Kupang, para pemimpin agama di Kota Kupang, para bupati se-daratan Timor, Sabu, Rote dan Alor.

Lebih kurang 400 imam dan biarawati dipastikan hadir dalam acara itu termasuk 1.500 undangan akan memenuhi di dalam Gereja Paroki Kristus Raja Katedral Kupang dan 1000 orang lainnya di halaman luar gereja.

Terkait persiapan di lapangan, kata Sisilia Sona sejak Senin, 6 Mei 2024 mulai dilakukan penataan dekorasi dan pemasangan tenda di tempat misa Gereja Paroki Kristus Raja Katedral Kupang.

Ia berjanji, menjelang H-1 semua persiapan sudah rampung 100 persen termasuk penataan dekorasi yang memberi warna estetika tersendiri bagi para tamu undangan yang hadir saat itu.

“Kami Panitia sudah bekerja maksimal. Tiga agenda yang kami siapkan yakni, Vesper Agung pada 8 Mei 2024 pukul 17.00 Wita di Gereja Paroki St.Yoseph Naikoten, misa pentahbisan, Kamis, 9 Mei 2024 jam 09. 00 Wita (jam 9 pagi) di Gereja Paroki Kristus Raja Katedral Kupang. Kami juga memastikan bahwa Nunsius Apostolik (Duta Besar Tahta Suci Vatikan) untuk Indonesia dan ASEAN, Mgr.Piero Pioppo akan menahbiskan Uskup Agung Kupang Terpilih, Mgr.Hironimus Pakaenoni,” kata Sisilia Sona secara lugas.

Panitia sudah menyiapkan penginapan bagi tamu VIP dan tamu luar NTT di sejumlah hotel di Kota Kupang.

“Kami juga mendapat dukungan dari Pemprov NTT dan Pemkot Kupang. Jadi prinsipnya, kita siap melaksanakan tahbisan,”ungkap Sisilia Sona.

Kata dia, semua tamu diselendangi dan 100 tamu VIP diberikan selimut dan konsumsi bagi tamu VIP akan dipusatkan di Hotel Kristal. Sedangkan, undangan biasa akan diberikan nasi kotak.

Semua biaya tamu VIP mandiri lanjut beliau, sebagiannya ditanggung oleh panitia.

POSE BERSAMA– Panitia Pentahbisan Uskup Agung Kupang Terpilih, Mgr.Hironimus Pakaenoni berpose bersama wartawan setelah konferensi pers di Kantor Yayasan Swastisari Kupang, Senin (6/5/2024)

Ia mengatakan, mulai Senin, 6 Mei 2024 tamu-tamu dari luar Kota Kupang termasuk luar NTT mulai berdatangan di Kota Kupang.

Panitia juga telah menyiapkan pengamanan bagi tamu VIP, kendaraan dan pendamping bagi setiap tamu VIP, pemasangan papan informasi di setiap titik penjemputan dan penginapan. (red)

Bagikan