Pj. Bupati Kupang Kunjungi PT. Charoen Pokphan

OELAMASI, NTT PEMBARUAN.ID – Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba mengunjungi PT. Charoen Pokphand Jaya Farm, Unit Hatchery Indonesia di Desa Oefafi, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Jumat (6/7/2024).

Kehadiran Pj. Bupati ke perusahaan peterkanan terbesar di NTT tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dan membantu memberantas stunting di Kabupaten Kupang.

Pj. Bupati dalam sambutannya mengapresiasi PT. Charoen Pokphand atas kinerja dan fasilitas mereka di Desa Oefafi yang sudah berstandar negara maju.

Ia berharap dengan hadirnya perusahaan ini, dapat membawa dampak positif kepada masyarakat di Kabupaten Kupang, terutama yang berada di seputaran perusahaan. Tak lupa, ia mengingatkan untuk selalu menyediakan laporan yang dibutuhkan pemerintah sebagai sebagai kewajiban karena melakukan usaha di Kabupaten Kupang.

‚ÄúSetelah berkeliling dan mendengar penjelasan-penjelasan, saya yakin banyak manfaat yang bisa diberikan PT.Charoen Pokphan kepada masyrakat Kabupaten Kupang, terutama masyrakat sekitar,” ujarnya.

Saat mengetahui PT.Charoen Pokphan sering membantu masyarakat, Pj. Bupati berharap agar aksi sosial tersebut dapat melibatkan pemerintah agat bantuannya dapat lebih terorganisir dan tepat sasaran.

“Laporan-laporan yang intinya berapa modal, pemasukan, pengeluaran sebagai bahan untuk menghitung pajak kepada daerah juga harus dimasukan, serta tentunya laporan tentang amdal yang harus dilengkapi,” tegas Alexon Lumba.

Sementara itu Humas PT. Charoen Pokphan Antonius Lindi Jawa melaporkan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain peternakan ayam, bibit ayam (DOC), dan usaha petelur yang berstandar internasional.

Terkait karyawan. Antonius mengatakan telah melibatkan warga lokal. Bahkan PT. Charoen Pokphan juga memberdayakan peternak lokal dengan menyediakan bibit ayam serta memberikan edukasi cara membuat kandang ayam yang benar. Selain itu, peternak lokal juga dapat mengembangkan usaha mereka, dan hasil usaha mereka akan dipasarkan PT. Charoen Pokphan.

Ia melanjutkan, setiap bulan PT. Charoen Pokphan membagikan telur dan daging ayam kepada posyandu-posyandu di seputaran perusahaan dan Puskesmas Oesao demi meningkatkan gizi dan membantub mengurangi angka stunting yang masih tergolong tinggi di Kabupaten Kupang.

PT. Charoen Pokphan juga membagikan material bangunan kepada Pemerintah Desa Oefafi, Pemerintah Kecamatan Kupang Timur, dan tempat-tempat ibadah yang berada disekitar lingkungan perusahaan.

Antonius berjanji akan memasukan data perusahaan mereka kepada Pemerintah Kabupaten Kupang sebagai bentuk agar kontribusi kepada daerah.

Dalam kunjungan tersebut Pj. Bupati Kupang didampingi Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kupang Pandapotan Sialagan, Kepala Dinas Perijinan Guntur Subu Taopan, Camat Kupang Timur Ishak Lubalu, serta pihak TNI dan Polri. (Prokopim Kab Kpg/ris)

Bagikan