Hari Raya Waisak 2024 di Kota Kupang Dipusatkan di  Wihara Pubbaratana Kupang

KUPANG, NTT PEMBARUAN.id- Umat Buddha di Kota Kupang merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 Budhis (BE) Tahun 2024 Masehi dengan melakukan ritual peribadatan bersama dipusatkan  di Wihara Pubbaratana Kupang di Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Kamis (23/5/2024).

“Karena detik-detik Waisak pada tahun ini jatuh pada pukul 21.52 Wita, maka kami melakukan  ritual peribadatannya mulai pukul 18.00 Wita. Ritual peribadatan ini dipimpin oleh Bhikkhu Kharuna Silo yang  datang dari Malang, Jawa Timur,” kata Ketua Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indra Effendy kepada media ini di Kupang, Kamis (23/5/2024)

Hari Raya Tri Suci Waisak ,  untuk mengenangkan  tiga peristiwa penting atau  tiga  peristiwa agung yang dialami oleh Sidharta Gautama mulai dari peristiwa kelahiran Pangeran Sidharta, peristiwa kedua,  Pangeran Sidharta mencapai penceharahan atau penerangan sempurna di bawah pohon bodhi pada umur 36 tahun  dan peristiwa ketiga, Parnibbana atau meninggalnya sang Buddha pada umur 80 tahun.

“Jadi, tiga peristiwa  agung itu bagi umat Buddha dijadikan satu, makanya kami menyebutnya Tri Suci Waisak,” terang Indra.

Ia berharap, melalui Hari Raya Tri Suci Waisak tahun ini, umat Buddha betul –betul mengimplementasikan jejak-jejak langkah atau pemikiran beliau semasa hidupnya pada  2568 tahun yang lalu, sehingga selaras dengan tema Hari Raya Tri Suci Waisak  2024, yaitu Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia.

Dalam rangka menyambut Hari Raya Tri Suci Waisak Tahun 2024, umat Buddha di Kota Kupang melakukan beberapa kegiatan antara lain, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Darmaloka tanggal 12 Mei 2024, melakukan donor darah kerjasama dengan PMI Provinsi NTT tanggal 18 Mei 2024 di Hyperstore TDM dengan mengumpul  90 kantong darah dan  pengambilan tirta/air di mata air Baumata tanggal 22 Mei 2024.

Menurut rencana, acara puncaknya, 27 Mei 2024 akan mengadakan Dharma Santy Waisak atau biasa disebut Syukuran Waisak Bersama seperti  Natal Bersama yang biasa dilakukan  umat Kristiani selama ini.

Umat Buddha di Kota Kupang saat melakukan peribadatan di Wihara Pubbaratana Kupang, Kamis (23/5/2024)

Syukuran bersama itu akan  dihadiri Penjabat Gubernur NTT, Penjabat Wali Kota Kupang, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tingkat Provinsi NTT dan Kota Kupang dan Tokoh Agama dari lintas agama yang dipusatkan di Hotel Harper Kupang mulai pukul 17.00 Wita {jam 05 petang). (red)

Bagikan