OELAMASI, NTT PEMBARUAN.id — Sebanyak 85 siswa/i Kelas VI Sekolah Dasar Negeri (SDN) Balfai  yang berada di Jl.Lanudal –Penfui Timur,  Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengikuti Ujian Sekolah (US) yang berlangsung sejak tanggal 17 –20 Mei 2022.

Mata pelajaran yang diuji pada hari pertama, Selasa (17/5/2022) meliputi Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama, hari kedua, Rabu (18/5/2022)  Matematika,  hari ketiga, Kamis (19/5/2022) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn),  hari keempat, Jumat ( 20/5/2022)  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah Dasar Negeri Balfai, Afret A. Anabanu, S.Pd kepada media ini, di sela-sela US hari kedua, Rabu (18/5/2022) menyebutkan, jumlah siswa/i Kelas VI yang mengikuti US tahun ini di sekolahnya sebanyak 85 orang, meliputi laki-laki, 37 orang dan perempuan, 48 orang.

Baca juga:  Gubernur NTT : Gereja Selain Sebagai Tempat Ibadah Juga Tempat Untuk Menolong Masyarakat

Jumlah itu tersebar di 6 ruangan kelas dengan komposisi rata-rata 15 orang/ruangan dengan tenaga pengawas masing-masing ruangan 2 orang guru yang diambil dari sekolah setempat.

Untuk tahun ini, kata Afret, guru pengawasnya dikembalikan ke sekolah masing-masing, maka tidak dilakukan pengawas silang seperti pelaksanaan US tahun-tahun sebelumnya.

“Pengawasnya di luar guru –guru mata pelajaran  yang mengajar di Kelas VI termasuk Wali Kelas VI di sekolah itu tidak diikutsertakan dalam pengawas Ujian Sekolah (US),” tandas Afret.

Dikatakannya, tim  penyusun soal-soal US Tahun Pelajaran 2021/2022  adalah forum perkumpulan kepala sekolah yang namanya Kelompok Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Tingkat Kecamatan Kupang Tengah.

Baca juga:  Baliho G20 Dipasang Pada Pohon Palem KSPN JOKOWI, Wabup Weng: Apa Ada Aturan Yang Melarang?

 

Inilah siswa/i Kelas VI yang tengah mengikuti Ujian Sekolah (US) di SDN Balfai, Jl. Lanudal, Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, Rabu (18/5/2022)

Tim penyusun soal US itu, menurut dia,  telah mewakili 20 sekolah yang tersebar di Kecamatan Kupang Tengah dengan delegasi masing-masing sekolah sesuai undangan Ketua MKKS  sebanyak 1 orang guru.

Kata Afret, semua soal ujian diambil dari materi yang sudah diajarkan oleh guru-guru mereka (para siswa,red) setiap hari di sekolah mulai dari Kelas IV,V dan VI.

Terkait persiapan anak-anak sebelum US, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan para guru mata pelajaran  yang mengajar di Kelas VI untuk melakukan berbagai persiapan seperti membiasakan siswa/i mengerjakan soal-soal US yang pernah diuji pada tahun-tahun sebelumnya sejak Februari 2022 hingga awal Mei 2022.

Baca juga:  Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Resmi Dibuka

“ Untuk penentuan kelulusan, kita akan merekap semua nilai dari Kelas IV,V dan VI dengan persentasi 70 persen ditambah nilai US 30 persen. Rapat penentuan kelulusan sendiri, kita rencanakan tanggal 15 Juni 2022 mendatang,” pungkasnya.

Sebagai kepala sekolah, ia berharap, semoga semua siswa/i  yang mengikuti US dari hari pertama sampai dengan hari terakhir nanti, bisa mengerjakan semua soal dengan teliti, sehingga membuahkan hasil yang memuaskan. (red)