Tiga Hari ke Depan, Masyarakat Diimbau Tetap Waspada Akan Dampak Hujan dan Angin Kencang di NTT

KUPANG, NTT PEMBARUAN.id–Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, S.Si mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada akan dampak hujan dan angin kencang tiga hari ke depan di wilayah NTT.

Dalam rilis yang dikeluarkan BMKG El Tari Kupang yang diterima media ini, Jumat (6/1/2023) tentang peringatan dini cuaca di wilayah NTT tiga hari ke depan sejak 6 –8 Januari 2023. Wilayah yang berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada tanggal 6 Januari 2023 meliputi Kabupaten Ende, Sikka, Alor, Belu, Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, dan Kota Kupang.

Cuaca yang sama pada tanggal 7 Januari 2023 meliputi Flores Timur, Lembata, Alor Kabupaten Kupang dan tanggal 8 Januari 2023 hanya Kabupaten Belu.

Sedangkan, wilayah yang berpotensi angin kencang di NTT tanggal 6 Januari 2023 hampir seluruh NTT, tanggal 7 Januari 2023 meliputi Rote, Sabu, Pulau Sumba, Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Dilanjutkan, 8 Januari 2023 meliputi Kota Kupang, dan Kabupaten Kupang.

Kata Agung, wilayah NTT berada di periode musim hujan dengan kondisi suhu muka laut yang cukup hangat dan kelembapan yang basah di tiap lapisan admosfir.

Meningkatnya kecepatan angin di wilayah NTT, kata dia, karena terdapat daerah tekanan rendah di Australia.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, banjir rob, di pesisir pantai, tanah longsor, pohon tumbang, jalan licin, rusaknya atap bangunan dan fasilitas umum lainnya.

Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing, ia mengimbau untuk selalu waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan durasi yang lama. (red/*)

Bagikan