Tanah Longsor di Desa Noelmina, Jalan Timor Raya Lumpuh Total

OELAMASI, NTT PEMBARUAN.id – Bencana tanah longsor di Desa Noelmina, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang pada Jumat (17/2/2023) malam, mengakibatkan ruas Jalan Timor Raya Km 75 lumpuh total.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalpos) Kabupaten Kupang melaporkan, hingga Sabtu, (18/2/2023), sebanyak 2 kepala keluarga (KK) terdampak dari peristiwa tanah longsor tersebut.

Longsor tersebut juga menyebabkan satu alat berat excavator dan satu kendaraan besar tertimbun. 9 KK juga terpaksa dievakusi sementara ke rumah keluarga untuk menghindari longsor susulan.

Tim Gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi dan Kabupaten Kupang, TNI/Polri, lembaga terkait, dan unsur pentahelix langsung menuju lokasi longsor untuk melakukan penanganan darurat, melakukan assesment  dan mengevakuasi korban.

Sebanyak empat unit alat berat excavator diturunkan untuk membersihkan material longsor agar ruas jalan dapat dilalui kendaraan. Sementara itu, pihak PUPR Provinsi dan Kabupaten saat ini sedang melakukan survei untuk membuka jalan alternatif melalui Amabi Oefeto Timur.

Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT, telah menurunkan tim kaji cepat guna menyerahkan dukunagan logistik bagi warga yang terdampak di Kelurahan Takari, Kabupaten Kupang pada Sabtu (18/2/2023)  siang.

Pemerintah Provinsi NTT melalui BPBD mengimbau kepada semua unsur di kabupaten untuk meningkatkan kesiagiapan potensi bencana hidrometeorologi basah di periode puncak musim hujan, seperti banjir dan longsor.

Perhatikan kondisi lereng saat sedang melintas atau melakukan aktivitas. Tingkat kesiagaaan dan kewaspadaan saat berada di wilayah rawan longsor. Antisipasi bahaya longsor susulan yang dapat diperburuk dengan intensitas hujan yang masih mungkin berlanjut.

Lakukan evakuasi mandiri dengan aman atau dengan bantuan petugas setempat. Disamping itu, warga yang tinggal di dekat tebing atau bukit agar berinisiatif melakukan evakuasi mandiri apabila wilayahnya diguyur hujan lebat dengan durasi cukup lama. (Pusdalops-PB Prov NTT/*)

Bagikan