Penjabat Wali Kota Kupang Buka Thanksgiving Celebration dan Festival Pohon Natal di Jalan El Tari

KUPANG, NTT PEMBARUAN.id– Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, S.H menghadiri sekaligus membuka Festival Pohon Natal dengan tema “Kerukunan dan Toleransi Semarak Natal dan Tahun Baru 2022-2023” di sepanjang jalan utama El Tari Kupang yang dirangkaikan dalam acara bertajuk Thanksgiving Celebration bertempat di depan Rumah Jabatan Gubernur NTT, Sabtu (17/12/2022).¬†

Ide Festival Pohon Natal ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota Kupang melalui Badan Kesbangpol dan Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Kupang yang diketuai oleh, Irjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.I.K., M.Hum.

Festival tersebut melibatkan sejumlah pihak baik dari FKUB, gereja, perbankan, paguyuban hingga organisasi lintas agama yang ada di Kota Kupang.

Penjabat Wali Kota Kupang, George M.Hadjoh dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan tekad bersama antara pemerintah dan seluruh unsur lapisan masyarakat untuk berkolaborasi dalam rangka memeriahkan dan menyongsong Hari Raya Natal, 25 Desember 2022 dan Tahun Baru, 1 Januari 2023 di Kota Kupang.

Menurutnya, dengan kerja kolaborasi dapat mewujudkan Kota Kupang menjadi kota yang maju ke depannya.

Ada beberapa hal yang diutarakan oleh Penjabat Wali Kota demi kemajuan Kota Kupang, antara lain adalah masyarakat Kota Kupang harus memiliki kecerdasan, karena dengan kecerdasan maka akan menghasilkan karya-karya yang memiliki nilai berharga, baik bagi Tuhan maupun sesama. Rasa kepedulian juga sangat penting di dalam hidup bermasyarakat di Kota Kupang yang beraneka ragam suku, agama maupun budaya, namun mampu mewujudkan kota dengan indeks toleransi yang sangat baik di Indonesia.

“Tahun depan diharapkan setiap hari raya keagamaan kita buat event-event seperti ini, kita wujudkan Kota Kupang menjadi kota toleransi terhebat dan saya yakin masyarakat Kota Kupang memiliki kepedulian yang tinggi sehingga harapan-harapan tersebut bisa tercapai.

Hal ini dibuktikan dengan adanya kampung kerukunan di Kota Kupang yang membuat daerah lain datang untuk melakukan studi banding terkait toleransi di Kota Kupang,” ungkap George.

Selanjutnya George menekankan bahwa pentingnya memiliki keberanian dan semangat pantang menyerah, karena Tuhan telah memberikan kemampuan untuk berusaha dan berupaya. Selain itu membangun jaringan kerja sama juga diperlukan untuk saling berkolaborasi menuju kesuksesan yang lebih besar.

Ia memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang dalam kurun waktu 8 hari mampu mempersiapkan segala hal sehingga event ini dapat terlaksana.

” Ini membuktikan kalau kita bisa, yang merasa tidak bisa adalah orang-orang yang tidak memiliki pengharapan,”ujar Hadjoh.

Di akhir sambutannya Penjabat Wali Kota tak henti-hentinya menggelorakan masyarakat untuk menjadikan Kota Kupang menjadi kota terbersih dan bebas sampah plastik.

Kepada seluruh ASN dan semua lapisan masyarakat, ia mengajak untuk bahu membahu menjaga kebersihan dan turut serta membersihkan lingkungan demi terwujudnya Kota Kupang kota bersih di Indonesia.

Melalui laporan panitia oleh Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang disampaikan bahwa ide-ide pemasangan Pohon Natal ini berawal dari kerinduan Penjabat Wali Kota Kupang menghidupkan Kota Kupang yang memiliki indeks toleransi yang baik dalam menyongsong Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut pertemuan pada tanggal 7 Desember 2022 bersama FKUB Kota Kupang, Gereja, Perbankan dan Paguyuban yang ada di Kota Kupang dan ternyata mendapat respons dan sambutan yang baik.

Setiap instansi/lembaga yang berpartisipasi menyiapkan 1 artifisial pohon Natal pada titik tiang Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) Pemkot Kupang di sepanjang jalan El Tari ruas jalan depan Gedung Kantor Gubernur NTT hingga depan tugu/patung HKSN.

Festival Pohon Natal ini akan berlangsung sejak dibuka tanggal 17 Desember 2022 hingga Tahun Baru nanti.

Acara diisi dengan tari-tarian adat, pujian rohani, pelepasan balon udara dan penyalaan kembang api.

Turut hadir Wakapolda NTT, Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto, pimpinan Forkopimda Kota Kupang, Ketua Majelis Jemaat GMIT Anugerah, Pdt. Antoneta Manobe, S.Th., Pimpinan/perwakilan perbankan di Kota Kupang, Ketua FKUB Kota Kupang, Pdt. Jeky Latuperissa, M.Th., para Tokoh Lintas Agama di Kota Kupang, Ketua HIPMI Kota Kupang, Yusak Benu, para Pimpinan Paguyuban Etnis di Kota Kupang, Ketua Harian Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Kupang, para Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Kota Kupang, para Camat dan Lurah serta partisipan pembuat replika pohon Natal. (PKP/red)

 

 

Bagikan