Lepas Kontingen Pramuka, Wagub Minta Promosikan NTT

KUPANG, NTT PEMBARUAN.id РWakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi (JNS) meminta anggota kontingen Pramuka NTT yang akan berlomba di tingkat nasional untuk mempromosikan NTT. 

“Benar kamu ke sana untuk berlomba. Tetapi berlomba dengan identitas sebagai orang NTT. Populerkan Nusa Tenggara Timur sebagai Nusa Terindah Toleransi. Populerkan itu. Bawalah nama Nusa Tenggara Timur ke tingkat nasional. Supaya orang-orang tahu bahwa NTT itu tidak hanya singkatan Nusa Tenggara Timur tapi Nusa Terindah Toleransi,” kata Wagub NTT saat melepas Kontingen Pramuka NTT yang akan mengikuti Lomba Tingkat V Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur di ruang Rapat Gubernur, Rabu (14/6/2023).

Wakil Gubernur mengharapkan agar seluruh anggota kontingen Pramuka memperkenalkan berbagai potensi pariwisata NTT yang sangat beragam dan luar biasa indahnya.

“Sebarkan juga ke kontingen dari seluruh Nusantara supaya jangan lupa datang ke NTT. Promosikan bahwa di NTT, banyak sekali destinasi wisata dan ekspresi budaya tradisional yang hanya ada di NTT dan tidak ada di tempat lain. Komodo tidak ada di tempat lain di dunia, hanya ada di NTT. Kelebba Madja itu hanya ada di Sabu dan tidak ada di tempat lain. Begitu pun tradisi berburu ikan Paus di Lamalera,” kata Wagub Nae Soi.

Selanjutnya Wagub memotivasi para anggota kontingen untuk tidak minder. Tunjukan jati diri anak-anak NTT sebagai anak-anak pejuang.

“Dalam berlomba terapkan prinsip tegas pada masalahnya dan ramah pada caranya. Anda harus tegas.Ada hal-hal yang harus tegas, lakukanlah tapi dalam suasana keakraban dengan orang lain. Walaupun dalam suasana perlombaan, anda berlomba dengan orang lain, harus tegas dalam jawaban, tapi dengan ekspresi ramah,” kata Wagub Nae Soi.

Sementara itu, Ketua Kwarda Pramuka NTT, Sinun Petrus Manuk dalam laporannya mengungkapkan Lomba Tingkat V Nasional akan diselenggarakan dari tanggal 17 sampai 23 Juni 2023 dan diikuti oleh 34 Provinsi dari seluruh Indonesia. Para peserta yang diutus merupakan juara Lomba Tingkat IV Provinsi NTT. Kontingen NTT terdiri dari dua regu yakni regu Singa untuk pria dan regu Edelweis untuk wanita.

“Regu Singa berasal dari SMP Katolik Santo Pius Lewoleba Lembata. Sementara Regu Edelweis berasal dari SMP Negeri 1 Kefamenanu. Mereka akan berangkat ke Jakarta pada 15 Juni,”jelas Sinun Manuk.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut para pengurus Kwarda Pramuka NTT dan para pendamping kontingen. (Biro Apim NTT/*)

Bagikan