Kapal Bocor di Selat Rote, Tim SAR Gabungan Evakuasi Empat Korban

KUPANG, NTT PEMBARUAN.id- Rabu,17 Mei 2023 Tim Rescue Kantor SAR Kupang bersama Unsur SAR Gabungan mengevakuasi 4 (empat) orang yang mengalami kebocoran kapal di Perairan Selat Rote, Provinsi NTT.

Empat korban yang dievakuasi itu masing-masing, Gani Pello, Indra Pello, Yudi dan Diran semuanya asal Kabupaten Rote Ndao.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, I Putu Sudayana,SE,M.A.P via rilis humasnya yang diterima media ini, Rabu (17/5/2023).

Pada pukul 03.05 Wita, Kantor SAR Kupang menerima informasi langsung dari Bapak Azfar bahwa pada hari Selasa sekitar pukul 23.00 Wita satu buah kapal motor dengan POB 4 orang berangkat dari Namosain Kupang tujuan Rote, kapal mengalami kebocoran di Selat Rote. Keempat korban berupaya mengatasi kebocoran kapal, namun gagal karena kondisi gelap sehingga kapal dipenuhi air laut.

Ada sebagian kapal yang masih mengapung sehingga para korban dapat bertahan di atas kapal dan meminta bantuan evakuasi.

Merespon laporan tersebut, pada pukul 03.25 Wita Tim Rescue KPP Kupang bersama Potensi SAR melaksanakan briefing dan selanjutnya menuju lokasi kejadian menggunakan RIB 10 Basarnas Kupang.

Pukul 04.45 Wita, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan keempat korban dalam keadaan selamat pada koordinat 10°23’38.61″S-123°24’49.64″E.

Setelah korban berhasil dievakuasi, keempat korban dibawa ke Tablolong, Kabupaten Kupang dengan jarak dari lokasi ditemukan korban 6,25 NM. Pukul 05.50 Wita, Tim Rescue tiba di Tablolong untuk selanjutnya keempat korban diserahkan ke pihak keluarga.

Selanjutnya, Tim Rescue Basarnas Kupang, ABK RIB 10 Kupang dan Personil TNI Angkatan Laut Kupang melaksanakan Debriefing.

Operasi SAR kecelakaan kapal motor POB 4 orang mengalami kebocoran di Perairan Selat Rote,NTT selesai.

Semua unsur dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Sudayana menyampaikan terima kasih atas tugas kemanusiaan yang telah dilaksanakan.(red/*)

Bagikan