Bildad Thonak Pimpin KAI NTT Periode 2023-2028

KUPANG, NTT PEMBARUAN.id – Bildad T.M. Thonak terpilih menjadi Ketua Kongres Advokat Indonesia Nusa Tenggara Timur (KAI NTT) periode 2023-2028.

Bildad Thonak terpilih berdasarkan voting dalam Musyawarah Daerah Dewan Pimpinan Daerah (Musda DPD) KAI NTT di Berlin Crystal Ballroom Hotel, Kupang, Sabtu (26/8/2023).

Bildad Thonak dan pasangannya, Obet Djami memperoleh 58 suara, sedangkan lawannya Fredy Jaha dan Luis Balun hanya 41 suara.

Dalam sambutannya, Ketua terpilih Bildad Thonak mengatakan akan melindungi anggota KAI jika dikemudian hari terjadi ketidakadilan atau kriminalisasi yang menimpa mereka.

Selain itu, ia mengatakan demi mengembangkan kolaborasi antara pihak penegak hukum dan pengacara/advokat yang belum bergabung dengan KAI NTT, ia akan menyiapkan kantor sekretariatan sebagai ruang konsultasi bagi mereka.

“Semuanya ini bertujuan untuk menjaga marwah dari organisasi advokat dalam menegakkan keadilan,” harap Bildad.

Sekretaris terpilih, Obet Djami, dalam sambutannya mengatakan bersama dengan ketua terpilih, akan memperkuat hubungan di internal.

Hal ini, lanjutnya diperlukan untuk merajut kembali keretakan yang timbul akibat prose pemilihan ini, sehingga tidak berlangsung lama.

“Kami ingin KAI NTT bersatu kuat dan berdampak bagi masyarakat umum sehingga kebersamaan tetap terbina mulai di tingkat DPD KAI Provinsi Nusa Tenggara Timur sampai ke DPC kabupaten kota,” ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Jenderal KAI Nasional, Apolos Djara Bonga S.H., percaya bahwa ketua dan sekretaris yang terpilih merupakan kader terbaik.

“Saya yakin keduanya mampu menjaga warmah lembaga ini dan dapat membesarkan KAI di NTT. Kami di KAI Nasional siap mendukung,” ungkap Sekjen KAI, Apolos.

Bagi ketua dan sekretaris sebelumnya, ia mengatakan akan menarik menjadi pengurus di KAI Nasional.

“Pak Edi dan Pak Luis kita tarik dan tempatkan mereka pada posisi wakil sekretaris jenderal KAI di pusat. Karena sudah saatnya kita orang NTT mengambil bagian di tempat strategis pada organisasi advokat ini,” tutup Djara Bonga. (yos/*)

Bagikan