Bawaslu NTT Siap Tempati Gedung Baru

KUPANG, NTT PEMBARUAN.id-Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam waktu dekat siap menempati gedung baru yang sudah selesai direnovasi tahun ini.

“Gedungnya sudah direnovasi dan sudah dilakukan serah terima tahap pertama tanggal 15 November 2023. Rencananya, Desember 2023 kita mulai tempati,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Renovasi Gedung Kantor Bawaslu NTT, Wilibrodus Ngiso,SE, M.AP kepada media ini di Kupang, Kamis (23/11/2023).

Sementara realisasi pembayarannya dilakukan 3 termin masing-masing termin pertama 30 persen, termin kedua 40 persen dan termin ketiga 30 persen yang surat perintah pencairan dana (SP2D-nya) sudah keluar, Kamis (23/11/2023) ke rekening rekanan.

“Saat ini masih menunggu petunjuk dari pimpinan untuk kita proses mobilisasi barang ke kantor baru. Kita target akhir Desember 2023 sudah ditempati karena kantor yang kita tempati sekarang statusnya sewa dengan masa akhir kontrak 28 Februari 2024. Karena itu, sebelum selesai masa kontrak, kita mobilisasi memang barang-barang ke kantor baru termasuk pemasangan AC dan CCTV,” tandasnya.

Sampai dengan memiliki kantor sendiri, kata Wili, berawal dari Bawaslu RI mencoba memfasilitasi melakukan koordinasi lintas kementerian lembaga, agar gedung kantor lembaga lainnya yang tidak difungsikan bisa dipinjam pakai.

“Hasil koordinasi lintas kementerian itu, kita di Bawaslu NTT mendapat satu gedung eks Dirjen Perbendaharaan Provinsi NTT bisa dilakukan pinjam pakai sementara yang prosesnya terjadi di Bawaslu RI dengan Kementerian Keuangan,” terang Wili.

Untuk tahap pertama, jangka waktu pinjam pakainya selama 5 tahun, setelah itu dapat diperpanjang dan mudah- mudahan, harap dia, bisa dihibahkan.

Selanjutnya, ia mengatakan, Tahun Anggaran 2021, dialokasi anggaran untuk pembangunan pagar kemudian dilanjutkan Tahun Anggaran 2023 dialokasikan lagi anggaran sebesar Rp 2,5 miliar bersumber dari APBN Murni Tahun 2023 melalui DIPA Bawaslu NTT untuk pembangunan renovasi gedung karena sudah puluhan tahun tidak ditempati, sehingga atap, plafon, tembok dan lantainya banyak yang mengalami rusak berat.

Pembangunan renovasi gedung tersebut sesuai kontrak dikerjakan selama 210 hari kalender, terhitung sejak 18 April 2023 sampai dengan 15 November 2023 dan selesai tepat waktu. (red)

Bagikan