MAUMERE, NTT PEMBARUAN.id – PT. Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) melalui Bank Danamon Kantor Cabang Maumere di Kabupaten Sikka menyalurkan bantuan untuk penyintas Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki di Posko Pengungsian Desa Konga dan Desa Lewolaga, Kecamatan Titehena, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada akhir bulan November 2024 lalu.
Bantuan yang disalurkan berupa satu unit tandon air di Posko Lewolaga, Kabupaten Flores Timur.
Tandon air ini akan dipakai untuk menampung air bersih, baik yang berasal dari air hujan maupun air PDAM.
Melalui pemberian ini, air yang ditampung akan disaring menggunakan peralatan dari Polda NTT untuk dijadikan air minum dan juga penyediaan air bersih bagi para pengungsi di Posko Lewolaga, Kabupaten Flores Timur.
Selain bantuan satu unit tandon air, Danamon juga menyalurkan beberapa jenis makanan, minuman dan barang antara lain satu ton beras, 90 dus air mineral, 60 dus susu kotak, telur 30 rak, pakaian dalam anak, remaja, dewasa, laki-laki maupun perempuan, tandon air, piring, sendok, termos, kertas nasi, plastik sampah, senter, dan ikan kaleng.
Setelah menyalurkan bantuan, Danamon diwakili Kepala Cabang Bank Danamon Maumere beserta karyawan Danamon lainnya menyempatkan diri untuk mengunjungi para pengungsi serta menghibur anak-anak yang terdampak lewat beberapa aktivitas antara lain bernyanyi bersama sambil menari, memberikan teka teki dan beberapa pertanyaan untuk dijawab dilanjutkan dengan pembagian susu kotak kepada anak-anak.
Melalui program penyaluran bantuan ini, Danamon kembali menegaskan komitmennya sebagai mitra keuangan terpercaya yang berperan aktif dalam mendukung pembangunan berkelanjutan. Didukung oleh jaringan lokal dan global yang luas, Danamon bertekad untuk tumbuh bersama masyarakat, nasabah, pemegang saham, karyawan, dan regulator.
Tentang Danamon
PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Kode Saham: BDMN) didirikan pada Tahun 1956.
Per 30 September 2024, Danamon mengelola aset konsolidasi sebesar Rp 240 triliun dengan anak perusahannya, Adira Finance.
Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG, dan 7,53% lainnya dimiliki oleh publik. Dalam melayani nasabah dari semua lini bisnis yaitu Retail, Usaha Kecil dan Menengah, serta Korporasi, Danamon didukung oleh 844 Kantor Cabang Konvensional dan Unit Syariah serta Kantor Cabang dan Kantor Perwakilan Grup Perusahaan Danamon di Indonesia.
Sebagai anak perusahaan dari MUFG yang merupakan salah satu grup jasa keuangan terbesar di dunia, Danamon didukung oleh jaringan global MUFG dan bank mitranya: Krungsri Bank di Thailand, Security Bank di Filipina, dan Vientin Bank di Vietnam. Danamon juga diperkuat oleh jaringan lokal dari grup perusahaannya yaitu Adira Finance, Home Credit Indonesia, Mandala Finance, dan Zurich Asuransi Indonesia, serta mitra strategisnya.
Bersama MUFG, grup perusahaan serta mitra strategisnya, Danamon berkomitmen untuk terus bertransformasi sebagai Satu Grup Finansial, guna menjadi mitra keuangan terpercaya yang berorientasi pada pelanggan dan selalu berinovasi demi memenuhi kebutuhan pemegang saham, nasabah, karyawan, dan regulator dengan menghadirkan solusi finansial menyeluruh agar dapat tumbuh bersama.
Danamon dan grup perusahaan serta mitra strategisnya juga menyadari pentingnya aspek keberlanjutan sebagai bagian tak terpisahkan dari pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat.
Oleh karena itu, Danamon juga berkomitmen mendukung Indonesia mencapai net zero emission pada 2060 melalui berbagai upaya progresif menuju keuangan berkelanjutan, inisiatif dekarbonisasi dan pengembangan ekonomi hijau. Inisiatif ini tercermin pada Rencana Aksi Keberlanjutan (RAKB) meliputi governance and process, awareness and capacity building, sustainable financing, responsible workplace management, dan corporate social responsibility.
Setiap pilar ini dirancang untuk mendukung prinsip-prinsip keberlanjutan dan memastikan bahwa setiap aspek dari operasi kami berkontribusi positif terhadap lingkungan.
Selain itu, dalam menjalankan bisnis serta untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misinya, Danamon menjunjung tinggi nilai perusahaan “BISA”, yang harus diterapkan oleh seluruh karyawan, manajemen, direksi, dan komisaris Danamon.
Nilai-nilai tersebut meliputi Berkolaborasi, Intergritas, Sigap Melayani, dan Adaptif. (red/*)