Jelang Pemilu 2024, Pj Walkot Pimpin Apel Satkamling

KUPANG, NTT PEMBARUAN – Dalam rangka Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) menjelang Pemilu serentak tahun 2024, Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH., memimpin apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) yang digelar oleh Kepolisian Resort Kota (Polresta) Kupang Kota di lapangan apel Polresta Kupang Kota, Rabu (21/6/2023).

Dalam sambutan Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang dibacakan oleh Penjabat Wali Kota Kupang menyampaikan apresiasi kepada jajaran Korbinmas Baharkam Polri serta seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Apel Satkamling tersebut.

Apel ini, lanjutanya merupakan upaya revitalisasi Satkamling untuk dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Dijelaskannya, Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas Polri dibantu oleh kepolisian khusus dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa lainnya. Dengan hadirnya dasar hukum tersebut penyelenggaraan Satkamling menjadi garda terdepan di dalam masyarakat, oleh karena itu diharapkan Satkamlinng mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Lebih lanjut Penjabat Wali Kota mengatakan, solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling. Selain itu Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI/Polri dan pemangku kepentingan lainnya sehingga pelaksanaan tugas dilapangan dapat berjalan dengan optimal. Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, khususnya dalam persiapan menghadapi Pemilu serentak tahun 2024. Harapannya dengan kehadiran Satkamling bisa menjadi cooling system di lingkungan masing-masing sehingga tidak ada perpecahan karena perbedaan pilihan.

Di akhir sambutan, Penjabat Wali Kota berpesan kepada para Lurah se-Kota Kupang untuk memantau dan menghidupkan kembali Satkamling dilingkungannya masing-masing.

Ia meminta agar segera dibangun Poskamling agar dapat menunjang tugas dari para anggota Satkamling.

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan juga penyerahan Penghargaan dan hadiah bagi 5 Poskamling terbaik dalam rangka juara lomba Satkamling yang diadakan oleh Satuan Binmas Polresta Kupang kota dengan kriteria penilaian keaktifan serta, kepahaman tugas dan tanggung jawab dalam menangani gangguan Kamtibmas.

Turut hadir Kapolresta Kupang Kota, Kombes. Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.I.K., SH., MH., Dandim 1604/Kupang, Letkol. Inf. Wiwit Jalu Wibowo, Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoue, S.Sos., Ketua Bawaslu Kota Kupang, Julianus Nomleni, SH., Kasat Polisi Pamong Praja Kota Kupang, Achrudin Abubakar, S.Sos., M.Si., Para Camat dan Lurah se-Kota Kupang, anggota Polresta Kupang Kota, anggota Kodim 1604/Kupang, anggota Satlinmas Kota Kupang, Karang Taruna serta perwakilan Ketua Rukun Warga Kota Kupang.(PKP/*)

Bagikan